• Sabtu, 30 September 2023

Dukung Akselerasi KBLBB, PLN Siapkan Infrastruktur Penunjang Kendaraan Listrik

- Senin, 11 September 2023 | 17:16 WIB
Ilustrasi pengisian kendaraan listrik di SPKLU PLN (dok.PLN)
Ilustrasi pengisian kendaraan listrik di SPKLU PLN (dok.PLN)

POJOKMALIOBORO.com - PT PLN (Persero) mendukung penuh langkah pemerintah dalam mengakselerasi ekosistem Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (KBLBB) di Tanah Air.

PLN menyiapkan pasokan listrik yang cukup dan andal, serta turut menyediakan fasilitas mulai dari Stasiun Pengisian Daya Kendaraan Listrik Umum (SPKLU), Stasiun Penukaran Baterai Kendaraan Listrik Umum (SPBKLU), Stasiun Penyedia Listrik Umum (SPLU) hingga layanan home charging.

Hal ini menjadi komitmen PLN dalam Join Declaration bersama Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) yang disaksikan oleh Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Kemenko Marves) di sela rangkaian acara Indonesia Sustainibility Forum ISF di Park Hyatt Hotel, Jakarta, beberapa waktu lalu.

Baca Juga: Muhammadiyah Ingatkan Bahaya Sampah Ancaman Bagi Kehidupan

Deputi Infrastruktur dan Transportasi, Kemenko Marves, Rachmat Kaimuddin, mendukung Deklarasi Bersama pengembangan infrastruktur KBLBB di Indonesia.

Ia menilai, percepatan ekosistem KBLBB ini menjadi salah satu solusi dalam mengatasi masalah emisi gas rumah kaca dan polusi udara di Indonesia.

"Kami mengapresiasi keterlibatan PLN dan Kementerian ESDM dalam dukungan penyediaan ekosistem infrastruktur pengisian daya dan penukaran baterai untuk KBLBB," ujar Rachmat.

Baca Juga: Pendaftaran Capres dan Cawapres Maju menjadi 10-16 Oktober 2023, Ini Penjelasan KPU

"Hal ini juga mendukung akselerasi solusi kendaraan listrik dalam penanggulangan polusi udara yang marak dewasa ini," imbuhnya.

Direktur Teknik dan Lingkungan Ditjen Ketenagalistrikan, Kementerian ESDM M. Priharto Dwinugroho menyampaikan, bentuk komitmen Kementerian ESDM mempercepat ekosistem KBLBB yakni melalui penerbitan regulasi yang memudahkan dan memberi kepastian hukum bagi badan usaha dalam membangun SPKLU maupun SPBKLU.

Ia mengatakan, Kementerian ESDM juga mendorong percepatan pembangunan dan pemerataan infrastruktur SPKLU dan SPBKLU.

Baca Juga: 4 Hal yang Harus Dipahami Ketika Ingin Membeli Asuransi Kesehatan

"Kementerian ESDM juga membuka ruang untuk perbaikan regulasi dan partisipasi publik untuk mendorong percepatan KBLBB," katanya.

"Dan terus mendorong percepatan pembangunan dan pemerataan infrastruktur SPKLU dan SPBKLU sehingga mudah dijangkau oleh seluruh lapisan Masyarakat," imbuh Dwinugroho.

Sementara, Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo mengungkapkan, komitmen PLN dalam menyiapkan infrastruktur penunjang kendaraan listrik mulai pasokan listrik serta turut menyediakan fasilitas SPKLU, SPBKLU, SPLU hingga layanan home charging yang terintegrasi dengan PLN Mobile.

Halaman:

Editor: Affan Safani Adham

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Komisi VI: Perlunya Aturan Berjualan di Media Sosial

Senin, 25 September 2023 | 09:17 WIB

ASN Dilarang Like, Share dan Comment di Medsos Capres

Minggu, 24 September 2023 | 16:10 WIB

Persemaian Mentawir untuk Hijaukan IKN dan Kalimantan

Kamis, 21 September 2023 | 21:14 WIB
X