• Minggu, 14 Agustus 2022

DPR RI Heran Anggaran Rp 21 Miliar untuk Umumkan Pembatalan Haji

- Kamis, 2 September 2021 | 17:16 WIB
Anggota Komisi VIII DPR RI, Achmad (dpr.go.id)
Anggota Komisi VIII DPR RI, Achmad (dpr.go.id)

JAKARTA, pojokmalioboro.com - Kementerian Agama (Kemenag) jadi sorotan Komisi VIII DPR RI terkait penggunaan anggaran sebesar Rp21,7 miliar untuk sekadar mengumumkan pembatalan haji 2021. Apalagi penggunaan anggaran diduga diketahui Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas alias Gus Yaqut.

Achmad, Fraksi Demokrat mengatakan, dari pemberitaan saja sudah cukup memberi informasi jika pelaksanaan ibadah haji 2021 batal. Ia pun merasa heran atas penggunaan anggaran tersebut.

"Saya yakin seluruh calon jemaah dan masyarakat Indonesia sudah tahu pembatalan haji ini. Kok ada anggaran untuk menyampaikan ke masyarakat Rp 21 miliar gitu," kata Achmad di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta pada Senin, 30 Agustus 2021.

Baca Juga: Ini Daftar Harga Terbaru BBM Pertamina di 34 Provinsi

Achmad meyakini jika anggaran Rp 21,7 miliar tersebut akan lebih berharga jika dialokasikan ke program lainnya. Apalagi saat ini masyarakat sedang kesusahan meladeni pandemi COVID-19 di Indonesia yang belum tahu kapan selesainya.

Dia menyebut sebagai Menteri Agama, Gus Yaqut seharusnya bisa mengalokasikan anggaran sebesar itu pada yang lebih penting. Misal, kata dia, untuk madrasah, pondok pesantren, hingga menambah sumber daya manusia (SDM) penyuluh keagamaan dan KUA di bawah Kementerian Agama.

"Kok enggak ini yang dikejar? Peningkatan SDM-nya. Ini kan Rp 21 miliar. Cuma buat menyampaikan ke masyarakat batal haji. Masyarakat juga udah tahu batal ini, barang ini," ujarnya.

Baca Juga: Guru Wajib Tahu Resikonya, BSNP Dibubarkan Nadiem Makarim

Diketahui, dalam presentasi yang diutarakan Menag Gus Yaqut, tercatat Rp21,7 miliar untuk diseminasi terkait pembatalan keberangkatan jemaah haji 2021. *

Editor: Putri Susanti

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Lima Kementerian Kolaborasi Mencapai Target NDC

Kamis, 11 Agustus 2022 | 09:58 WIB

REC, Inovasi Produk Hijau PLN yang Kini Diminati

Kamis, 4 Agustus 2022 | 10:24 WIB

Kominfo Buka Akses 5 PSE, Salah Satunya Paypal

Rabu, 3 Agustus 2022 | 10:11 WIB

Resmi Diluncurkan, Begini Format Baru NPWP

Jumat, 22 Juli 2022 | 11:01 WIB
X