• Minggu, 14 Agustus 2022

Komisi IV: KKP Harus Fokuskan Pembangunan Berorientasi Nelayan

- Selasa, 7 September 2021 | 08:25 WIB
Anggota Komisi IV DPR RI Riezky Aprilia dalam rapat dengar pendapat bersama dengan jajaran Eselon I Kementerian Kelautan dan Perikanan di Gedung Nusantara DPR RI  (dpr.go.id)
Anggota Komisi IV DPR RI Riezky Aprilia dalam rapat dengar pendapat bersama dengan jajaran Eselon I Kementerian Kelautan dan Perikanan di Gedung Nusantara DPR RI (dpr.go.id)

JAKARTA, pojokmalioboro.com - Anggota Komisi IV DPR RI Riezky Aprilia menekankan agar Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) fokus mewujudkan program-program pembangunan yang berskala kecil dan menengah agar masyarakat terutama nelayan bisa langsung segera merasakan manfaat.

“Seharusnya KKP ini memiliki program-program yang afirmatif karena sampai saat ini nilai tukar nelayan belum juga signifikan untuk bisa meningkat.” terang Riezky dalam rapat dengar pendapat bersama dengan jajaran Eselon I Kementerian Kelautan dan Perikanan di Gedung Nusantara DPR RI, Senayan Jakarta, Senin (6/9/2021) dikutip pojokmalioboro.com dari dpr.go.id.

Politisi Fraksi Partai PDI-Perjuangan itu pun meminta agar salah satu program KKP seperti pembangunan kawasan budidaya udang terintegrasi (shrimp estate) perlu dikaji kembali. Ia tidak ingin pada pelaksanaannya nanti akan menimbulkan kegaduhan akibat perencanaan dari hulu ke hilir yang tidak matang.

Baca Juga: Primus: Banyak BUMN Jadikan Pandemi sebagai Penyebab Turunnya Keuangan

“Membicarakan shrimp estate bukannya kami tidak sepakat. Akan tetapi apakah program ini bahwa hilir dari program ini seperti apa, lalu siapa yang akan membeli produk dari program ini hingga dampaknya seperti apa pada masyarakat,” tegasnya

Di sisi lain, Anggota Komisi IV lainnya, Muhammad Syafrudin mengapresiasi rencana pembangunan kawasan budidaya udang terintegrasi tersebut. Akan tetapi ia memberikan catatan, di antaranya KKP perlu meningkatkan koordinasi baik dengan stakeholders internal maupun eksternal. Baginya, koordinasi menjadi kunci dalam pelaksanaan program tersebut.

“Ke depannya, saya harap KKP melakukan sinergi dan koordinasi, sehingga pada saat berjalan pembangunan tersebut, tidak ada complain dari masyarakat,” tandas Politisi Fraksi PAN tersebut. *

Editor: Ibrahim Umar

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Lima Kementerian Kolaborasi Mencapai Target NDC

Kamis, 11 Agustus 2022 | 09:58 WIB

REC, Inovasi Produk Hijau PLN yang Kini Diminati

Kamis, 4 Agustus 2022 | 10:24 WIB

Kominfo Buka Akses 5 PSE, Salah Satunya Paypal

Rabu, 3 Agustus 2022 | 10:11 WIB

Resmi Diluncurkan, Begini Format Baru NPWP

Jumat, 22 Juli 2022 | 11:01 WIB
X