• Sabtu, 21 Mei 2022

Bendungan Pidekso Diresmikan, Petani di Wonogiri Berharap Setahun Bisa Panen Tiga Kali

- Rabu, 29 Desember 2021 | 07:11 WIB
Presiden Jokowi saat berdialog dengan petani usai peresmian Bendungan Pidekso di Wonogiri, Jawa Tengah, Selasa 28 Desember 2021  (BPMI Setpres/Laily Rachev)
Presiden Jokowi saat berdialog dengan petani usai peresmian Bendungan Pidekso di Wonogiri, Jawa Tengah, Selasa 28 Desember 2021 (BPMI Setpres/Laily Rachev)

POJOKMALIOBORO.com - Presiden Jokowi meresmikan Bendungan Pidekso di Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah, Selasa 28 Desember 2021. Sejumlah petani menyampaikan harapannya atas kehadiran bendungan yang memiliki luas genangan 232 hektare tersebut.

Surahmin, salah satu petani dari Desa Kebunharjo, mengaku bersyukur atas pembangunan dari Bendungan Pidekso. Surahmin mengatakan, bendungan ini akan memiliki manfaat yang luar biasa dan dapat memberi kemakmuran kepada masyarakat.

"Kami bersyukur dan insyaallah akan memberi kemakmuran kepada masyarakat. Kami yang tadinya hanya panen satu kali bahkan dua kali, insyaallah nanti bisa tiga kali atau empat kali," tutur Surahmin.

Baca Juga: Mendagri Minta Kepala Daerah Memaksimalkan Penggunaan Aplikasi PeduliLindungi di Ruang Publik

Surahmin juga berharap manfaat irigasi dari Bendungan Pidekso dapat segera terwujud, sehingga dapat meningkatkan produksi para petani. Saat ini, lanjut Surahmin, hasil panen petani dalam satu hektare di desanya mencapai kurang lebih 6-7 ton.

"Kami berharap nanti kalau panennya sampai tiga kali, mungkin kita lebih banyak lagi menghasilkan dari hasil tani itu," imbuhnya.

Senada petani lain dari Desa Balepanjang, Trianto, berharap dengan kehadiran bendungan ini produksi pangan di wilayahnya makin melimpah. Keberadaan bendungan ini juga diharapkan mampu meningkatkan panen petani hingga dua sampai tiga kali.

Baca Juga: Menyelamatkan Santigi dari Kepunahan di Kawasan Pantai Selatan Yogyakarta

"Sebelum adanya bendungan di Pidekso, selama ini yang saya alami baru bisa panen satu kali per tahun. Mudah-mudahan setelah adanya bendungan di Pidekso bisa dua sampai tiga kali pasca panen," tutur Trianto.

Di samping itu, para petani meminta pemerintah dapat memperhatikan jaringan irigasi tersier dari Bendungan Pidekso. Mariyono, petani dari Desa Ngancar berharap aliran air dari bendungan ini dapat tepat sasaran.

Halaman:

Editor: Putri Susanti

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Pemerintah Kembali Lanjutkan Kebijakan PPKM

Selasa, 10 Mei 2022 | 09:32 WIB

FBI Soroti Kinerja Menteri di Era Jokowi

Sabtu, 9 April 2022 | 21:11 WIB
X