• Sabtu, 21 Mei 2022

Kembangkan Amal Usaha di Luar Negeri, PP Muhammadiyah Dirikan MAC di Australia

- Rabu, 29 Desember 2021 | 10:49 WIB
Kembangkan Amal Usaha di Luar Negeri, PP Muhammadiyah Dirikan MAC di Australia (Ibrahim Umar/PojokMalioboro.com)
Kembangkan Amal Usaha di Luar Negeri, PP Muhammadiyah Dirikan MAC di Australia (Ibrahim Umar/PojokMalioboro.com)

POJOKMALIOBORO.com - Muktamar Muhammadiyah ke 47 tahun 2015 lalu di Makassar memutuskan dan memandatkan kepada Pimpinan Pusat Muhammadiyah terpilih untuk melaksanakan dan mengembangkan program Internasionalisasi Muhammadiyah.

Diantara program yang bersifat globalisasi tersebut selain mengembangkan PCIM-PCIA, beasiswa dan diaspora kader, forum-forum dialog antaragama dan perdamaian, serta program-program kemanusiaan di ranah global secara khusus mengembangkan amal usaha strategis di luar negeri.

Setelah mendirikan Markaz Dakwah dan TK ABA di Cairo Mesir, Usaha Ekonomi PCIM Malaysia, Universiti Muhammadiyah Malaysia (UMAM), kini Pimpinan Pusat Muhammadiyah bersama PCIM Australia mendirikan Muhammadiyah Australia College (MAC).

Baca Juga: Kasus Transmisi Lokal Omicron Terdeteksi, Kemenkes: Disiplin Prokes dan Kurangi Mobilitas

"Alhamdulillah Pimpinan Pusat Muhammadiyah telah memperoleh izin operasional sekolah Muhammadiyah di Australia dengan nama Muhammadiyah Australia College (MAC) di 1-3 Killamey Drive Melton Victoria Australia dari Pemerintah Australia melalui Victorian Registration and Qualifications Authority (VRQA) Department Education Victoria tanggal 21 Desember 2021," ujar Ketua Umum PP Muhammadiyah, Prof Dr H Haedar Nashir, M.Si, dalam siaran persnya Rabu 29 Desember 2021.

Sesuai izin yang diterbitkan oleh VRQA Department Education Victoria, MAC adalah sekolah dengan jenis Primary/Co-educational, yaitu dari jenjang taman kanak-kanak sampai sekolah dasar.

"Pendirian MAC melengkapi babak baru komitmen Muhammadiyah untuk membangun peradaban bersama yang mencerahkan di bawah panji Islam berkemajuan yang berwawasan rahmatan lil alamain di dunia internasional melalui program internasionalisasi Muhammadiyah," katanya.

Baca Juga: Bendungan Pidekso Diresmikan, Petani di Wonogiri Berharap Setahun Bisa Panen Tiga Kali

"Pendirian MAC ini dimaksudkan sebagai perluasan gerakan mencerdaskan kehidupan bangsa dab pengembangan pendidikan di ranah global yang berfungsi strategis mewujudkan kemajuan dan persatuan antarbangsa," tambahnya.

Usaha pendirian MAC yang ditempuh oleh Pimpinan Pusat Muhammadiyah dengan Pimpinan Cabang Muhammadiyah (PCIM) Australia dan tum khusus serta para pihak antara lain melalui beberapa proses.

Halaman:

Editor: Ibrahim Umar

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Pemerintah Kembali Lanjutkan Kebijakan PPKM

Selasa, 10 Mei 2022 | 09:32 WIB

FBI Soroti Kinerja Menteri di Era Jokowi

Sabtu, 9 April 2022 | 21:11 WIB
X