• Sabtu, 21 Mei 2022

Cerita Menteri Erick Thohir Memeluk ODHA yang Mendapat Dukungan PLN

- Rabu, 29 Desember 2021 | 11:41 WIB
Menteri BUMN Erick Thohir saat memeluk perwakilan ODHA yang mulai menangis menceritakan perjuangannya di masa lalu  (dok.PLN)
Menteri BUMN Erick Thohir saat memeluk perwakilan ODHA yang mulai menangis menceritakan perjuangannya di masa lalu (dok.PLN)

POJOKMALIOBORO.com - Upaya PT PLN (Persero) dalam menghadirkan kemandirian ekonomi kepada komunitas Orang Dengan HIV/AIDS (ODHA) di Bali mendapat apresiasi dari Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Erick Thohir.

Melalui Program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) bertajuk Kelompok Dukungan Sebaya (KDS) Sekar Jempiring, PLN Group berupaya meningkatkan taraf hidup Komunitas ODHA sejak 2019.
 
Ketika berbincang secara langsung dengan perwakilan dari KDS Sekar Jempiring, Erick Thohir pun tak kuasa menahan haru mendengar perjuangannya untuk dapat terus menatap masa depan.

Baca Juga: Kembangkan Amal Usaha di Luar Negeri, PP Muhammadiyah Dirikan MAC di Australia

Tak sungkan, Menteri BUMN pun langsung memeluknya untuk menenangkan perwakilan ODHA yang mulai menangis menceritakan perjuangannya di masa lalu.
 
"Terima kasih atas perjuangan teman-teman (ODHA) yang terus berjuang, terus berusaha dan menginspirasi kita semua," ujar Erick.
 
Sebelumnya, Ni Ketut Rediten sebagai pengurus KDS Sekar Jempiring menyebutkan bahwa berdasarkan data Kemenkes pada 2021, terdapat 30 ribu kasus HIV/Aids di Bali.

Baca Juga: Kasus Transmisi Lokal Omicron Terdeteksi, Kemenkes: Disiplin Prokes dan Kurangi Mobilitas

Sementara anggota aktif komunitasnya baru berjumlah 42 saja. Ini berarti masih banyak sekali ODHA yang belum membuka diri dan berkomunitas.
 
"Orang dengan HIV memang tidak gampang menyatakan apa yang telah kita alami. Kami sangat bersyukur sekali di akhir 2019 bertemu Rumah BUMN yang menawarkan diri untuk membina kami," ungkapnya Rediten.
 
Melihat masih banyaknya ODHA yang belum mau membuka diri dan tertekan oleh stigma negatif di tengah masyarakat, Erick pun akan mendorong BUMN untuk berinovasi sehingga dapat menjadi ekosistem bersama untuk membangun negara.

Baca Juga: Bendungan Pidekso Diresmikan, Petani di Wonogiri Berharap Setahun Bisa Panen Tiga Kali
 
"Ke depan kita juga akan mendorong bercocok tanam dan berternak, karena itu lebih konsisten dan berguna bagi kebutuhan sehari-hari di lahan yang terbatas," imbuhnya.
 
Erick mengapresiasi peran PLN di KDS Sekar Jempiring yang mampu menghadirkan kegiatan yang bisa mensejahterakan, dan meningkatkan taraf hidup dari para ODHA. Mulai dari budidaya tanaman ataupun pelatihan-pelatihan keterampilan.
 
Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo mengungkapkan, melalui KDS Sekar Jempiring, PLN ingin meningkatkan kepercayaan diri penderita HIV/AIDS agar tetap optimis dalam melanjutkan hidupnya.

Baca Juga: Mendagri Minta Kepala Daerah Memaksimalkan Penggunaan Aplikasi PeduliLindungi di Ruang Publik

Program ini memiliki dua agenda, yakni memberikan keterampilan kepada komunitas ODHA, disertai dengan sosialisasi kepada masyarakat tentang HIV/AIDS secara menyeluruh.
 
"Alhamdulillah, saat ini komunitas ODHA di KDS Sekar Jempiring sudah mampu meningkatkan perekonomian mereka secara mandiri dan memberi inspirasi pada masyarakat di sekitarnya," tuturnya.
 
Di KDS Sekar Jempiring, PLN memberikan pelatihan kepada 42 orang anggota agar memiliki keterampilan, mulai dari menjahit, membuat obat herbal, hingga melakukan kegiatan urban farming.

Baca Juga: Menyelamatkan Santigi dari Kepunahan di Kawasan Pantai Selatan Yogyakarta

Halaman:

Editor: Putri Susanti

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Pemerintah Kembali Lanjutkan Kebijakan PPKM

Selasa, 10 Mei 2022 | 09:32 WIB

FBI Soroti Kinerja Menteri di Era Jokowi

Sabtu, 9 April 2022 | 21:11 WIB
X