• Sabtu, 21 Mei 2022

Anggota DPR Minta Pemerintah Turunkan Harga Pertalite Jika Premium Dihapus

- Kamis, 30 Desember 2021 | 08:32 WIB
Anggota Komisi VII DPR RI Mulyanto (Foto: dpr.go.id)
Anggota Komisi VII DPR RI Mulyanto (Foto: dpr.go.id)

POJOKMALIOBORO.com - Anggota Komisi VII DPR RI Mulyanto menilai rencana kebijakan pemerintah yang akan menghapus BBM jenis Premium, harus diikuti dengan menurunkan harga BBM jenis Pertalite.

Hal ini perlu dilakukan sebagai bukti alasan pemerintah menghapus Premium karena benar-benar faktor lingkungan dan bukan karena faktor komersil.

"Kalau hanya menghapus Premium, sama saja melepas tanggungjawab pemerintah dalam menyediakan bahan bakar minyak yang terjangkau untuk rakyat dengan dalih lingkungan," ujar Mulyanto, Rabu 29 Desember 2021.

Baca Juga: Kasus Transmisi Lokal Omicron, Puan Minta Masyarakat Waspada dan Hindari Kerumunan Akhir Tahun

"Harusnya keinginan pemerintah memperbaiki lingkungan tidak serta merta menghapus kewajiban menyediakan BBM murah bagi rakyat," imbuhnya.

Mulyanto juga meminta agar pemerintah mengubah cara pandang penyediaan BBM bagi rakyat. "BBM jangan sekedar dipandang sebagai komoditas komersil yang dijual dengan harga pasar," katanya.

Mulyanto menyebut, Pemerintah punya tanggung jawab melayani rakyat untuk mendapatkan bahan bakar minyak yang terjangkau dalam rangka mensejahterakan mereka. Dan mewujudkan kesejahteraan rakyat adalah amanat konstitusi bagi pemerintah.

Baca Juga: Menyelamatkan Santigi dari Kepunahan di Kawasan Pantai Selatan Yogyakarta

"Jadi silakan saja Pemerintah menggunakan BBM jenis apapun yang lebih baik bagi lingkungan, asalkan harganya terjangkau bagi rakyat," terangnya.

Politisi dapil Banten III ini berpandangan, sejatinya masyarakat bukannya tidak ingin menggunakan BBM bersih. Namun di tengah kondisi ekonomi yang masih lemah akibat pandemi Covid-19, mereka lebih memilih BBM murah yang terjangkau. 

Halaman:

Editor: Putri Susanti

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Pemerintah Kembali Lanjutkan Kebijakan PPKM

Selasa, 10 Mei 2022 | 09:32 WIB

FBI Soroti Kinerja Menteri di Era Jokowi

Sabtu, 9 April 2022 | 21:11 WIB
X