• Kamis, 8 Desember 2022

Makin Perkuat Ekosistem Kendaraan Listrik, PLN Bakal Sediakan 4.900 SPBKLU

- Jumat, 15 Juli 2022 | 09:00 WIB
Ilustrasi kendaraan listrik (dok.PLN/PojokMalioboro.com)
Ilustrasi kendaraan listrik (dok.PLN/PojokMalioboro.com)

POJOKMALIOBORO.com - PT PLN (Persero) berkomitmen mendukung operasional Grab Indonesia dalam menggunakan 8.500 kendaraan listrik yang sebagian besar adalah sepeda motor, dengan menyediakan Stasiun Penukaran Baterai Kendaraan Listrik Umum (SPBKLU). Rencananya, sebanyak 4.900 unit SPBKLU bakal dioperasikan pada 2022.

Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo mengatakan, PLN berkomitmen menyediakan fasilitas untuk mempermudah pengguna kendaraan listrik baik roda empat dan roda dua untuk mengisi daya energi listrik kendaraannya. Sehingga ekosistem kendaraan listrik di Indonesia semakin masif terbangun.

"Masyarakat yang ingin menggunakan kendaraan listrik tidak usah khawatir nanti mengisi daya listriknya di mana kalau kehabisan daya di jalan. PLN sudah berkomitmen menyediakan fasilitas pengisian di berbagai tempat," kata Darmawan, Jumat 15 Juli 2022.

Baca Juga: Jadikan ADWI Program Unggulan, Sandiaga Uno Fokus Ciptakan Lapangan Kerja untuk Peningkatan Ekonomi

Darmawan mengungkapkan, khusus untuk pengguna kendaraan listrik roda dua PLN merencanakan pembangunan SPBKLU di seluruh wilayah secara bertahap, untuk tahun 2022 PLN merencanakan pengoperasian SPBKLU 4.900 unit dengan prediksi sebanyak 89.400 penguna kendaraan listrik roda dua dan 59.600 ribu pengguna baterai swap.

Darmawan pun memastikan purna rupa atau prototype pertama SPBKLU sudah dapat digunakan di event E-mobility tanggal 24 Juli 2022.

"Jumlah SPBKLU akan terus bertambah, hingga 2030 direncanakan fasilitas tersebut akan mencapai 68.800 unit dengan prediksi jumlah pengguna kendaraan listrik roda dua mencapai 2,1 juta unit," tutur Darmawan.

Baca Juga: Gelora Talks: Persidangan di MK tanpa Pembuktian, Putusan yang Dihasilkan Berbahaya

Menurut Darmawan, dengan adanya SPBKLU tersebut pengguna kendaraan listrik roda dua cukup menukarkan baterainya ke SPKBLU dan tidak perlu lagi menunggu pengisian daya listrik. Hal ini menjadi salah satu bukti penggunaan kendaraan listrik lebih efisien di banding kendaraan berbahan bakar fosil.

"Jadi konsepnya sangat mudah, pengguna motor listrik cukup datang ke SPBKLU lalu menukarkan baterai dengan yang dayanya sudah terisi penuh dan siap untuk digunakan," jelas Darmawan.

Halaman:

Editor: Putri Susanti

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Resmi Ditutup, Ini Hasil Presidensi G20

Kamis, 17 November 2022 | 11:34 WIB

Presiden Jokowi Resmi Membuka KTT G20 di Bali

Selasa, 15 November 2022 | 11:13 WIB

Soal Rezimentasi Agama, Begini Pandangan Muhammadiyah

Selasa, 8 November 2022 | 11:03 WIB
X