• Kamis, 6 Oktober 2022

Cegah NIK Dicatut Parpol untuk Daftar Pemilu, Begini Cara Mengeceknya

- Kamis, 11 Agustus 2022 | 13:30 WIB
Ilustrasi KTP  (dok.Disdukcapil Kabupaten Bone/PojokMalioboro.com)
Ilustrasi KTP (dok.Disdukcapil Kabupaten Bone/PojokMalioboro.com)

POJOKMALIOBORO.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) membuka layanan bagi masyarakat yang hendak mengecek apakah nomor induk kependudukannya (NIK) dicatut partai politik sebagai kader untuk pendaftaran calon peserta Pemilu 2024.

Koordinator Divisi Data dan Informasi KPU, Betty Epsilon Idroos mengatakan, publik bisa mengeceknya dengan memasukkan NIK ke dalam situs resmi infopemilu.kpu.go.id.

Sistem akan mencocokkan NIK yang dimasukkan warga dengan data NIK yang dimasukkan partai dalam daftar keanggotaan partai yang terdaftar dalam Sistem Informasi Partai Politik (Sipol).

Baca Juga: Lima Kementerian Kolaborasi Mencapai Target NDC

"Ini mekanisme transparansi yang dilakukan oleh KPU kepada publik untuk mengecek dirinya apakah terdaftar atau tidak di partai politik. Hal ini juga sebagai bahan masukan kepada kami melakukan verifikasi administrasi nanti setelah pendaftaran dilakukan," ujar Betty kepada wartawan, Rabu 10 Agustus 2022 malam.

"Kalau ada masyarakat yang merasa dirinya bukan menjadi anggota parpol tetapi terdaftar, silakan berikan masukan dan tanggapan," imbuhnya.

Pengaduan berupa formulir tanggapan itu dapat diakses dalam situs yang sama.

Baca Juga: 4 Keuntungan Membeli Mobil Listrik, Salah Satunya Suku Cadang Lebih Sedikit

Berikutnya, verifikator KPU akan mengklarifikasi laporan itu kepada partai politik. Bahkan, tak menutup kemungkinan bahwa kedua belah pihak dipertemukan untuk memverifikasi keanggotaan warga itu.

Apabila terverifikasi bahwa warga itu bukan anggota suatu parpol, maka parpol wajib menghapusnya dari daftar keanggotaan yang sudah dimasukkan ke dalam Sipol.

Halaman:

Editor: Putri Susanti

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Soal Tragedi Kanjuruhan, Ini Kata Wakil Ketua MPR RI

Selasa, 4 Oktober 2022 | 09:23 WIB

PP Muhammadiyah Terima Kunjungan Dewan Keamanan Thailand

Kamis, 15 September 2022 | 18:33 WIB

Telkom Pastikan Tidak Ada Kebocoran Data Pelanggan

Selasa, 23 Agustus 2022 | 08:08 WIB
X