Sinergi dan Kolaborasi Antar BUMN dan Startup dalam Nex-BE Fest 2022

- Rabu, 7 Desember 2022 | 07:45 WIB
Agenda Business Matchmaking antara Startup dan BUMN pada event Nex-BE Fest 2022 di Bali, pekan lalu (dok.Telkom/PojokMalioboro.com)
Agenda Business Matchmaking antara Startup dan BUMN pada event Nex-BE Fest 2022 di Bali, pekan lalu (dok.Telkom/PojokMalioboro.com)

POJOKMALIOBORO.com - Rangkaian event tahunan ‘Next Billion Ecosystem Festival’ (Nex-BE Fest) besutan MDI Ventures dan Telkomsel Mitra Inovasi (TMI) yang merupakan anak perusahaan PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) telah sukses digelar di Bali pekan lalu.

Mengundang Startup digital dan BUMN untuk saling menjajaki potensi kolaborasi dan sinergi dalam sektor strategis, MDI Ventures dan TMI memfasilitasi total 193 pertemuan bisnis antara 28 perusahaan BUMN dan 32 Startup di dalam portfolionya, seperti Qoala, Privy, Alodokter, Paxel, dan SiCepat.

Penyelenggaraan Nex-BE Fest 2022 kembali memecahkan rekor dengan memfasilitasi nilai sinergi antara startup dan BUMN hingga mencapai Rp 2,4 triliun.

Baca Juga: Semakin Mengglobal, Pemain NBA Justin Holiday Kenakan Batik Indonesia

Sejak penyelenggaraan pertama pada tahun 2019, inisiatif ini telah menghasilkan nilai sinergi sebesar lebih dari Rp 7,4 triliun dari 498 "perjodohan" bisnis.

Jumlah partisipan Nex-BE Fest tahun ini mengalami peningkatan sebanyak 3,2 x lipat, pertemuan bisnis meningkat 5,4 x lipat, dan nilai sinergi yang dihasilkan juga meningkat 2,7 x lipat dari awal penyelenggaraannya.

Startup-startup digital yang telah memperoleh pendanaan dari MDI Ventures dan TMI dipertemukan dengan berbagai anak perusahaan TelkomGroup dan perusahaan BUMN lainnya untuk menggali potensi sinergi baru.

Baca Juga: Resmikan Pasar Wage, Bupati Sleman Ajak Pedagang Berantas Transaksi Ilegal

Ajang one-on-one ini dihadiri pula oleh BUMN ternama mulai dari Perhutani, ID Food, Pupuk Indonesia, Bank Syariah Indonesia, BioFarma, Kimia Farma, POS Indonesia, dan Perkebunan Nusantara.

Agenda pada hari pertama acara Nex-BE Fest 2022 dibuka dengan sambutan oleh Deputi Bidang SDM, Teknologi dan Informasi Kementerian BUMN Tedi Bharata, Komisaris Telkom Rizal Mallarangeng, dan Direktur Strategic Portfolio Telkom Budi Setyawan Wijaya.

Halaman:

Editor: Affan Safani Adham

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terkait Pemilu 2024, Wapres Ingatkan ASN Harus Netral

Senin, 16 Januari 2023 | 08:33 WIB
X