• Minggu, 14 Agustus 2022

Kekuasaan Negara tidak Boleh Hanya Dipandu Oleh Eksekutif, Yudikatif dan Legislatif

- Minggu, 17 Oktober 2021 | 18:58 WIB
Kerjasama ditandatangani Rektor UAD Dr Muchlas, MT dan Ketua Ombudsman Republik Indonesia (ORI) Mokhammad Najih, SH, MHum, PhD (Humas UAD)
Kerjasama ditandatangani Rektor UAD Dr Muchlas, MT dan Ketua Ombudsman Republik Indonesia (ORI) Mokhammad Najih, SH, MHum, PhD (Humas UAD)

YOGYAKARTA, pojokmalioboro.com - Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Yogyakarta akan menyediakan peneliti dari Fakultas Hukum untuk pemetaan terhadap kewajiban Perguruan Tinggi dalam penyediaan fasilitas kaum difabel. Dan program Ombudsman Republik Indonesia (ORI) nantinya bisa dikerjakan bersama-sama antara riset ORI dan UAD.

Melalui kerjasama yang ditandatangani Rektor UAD Dr Muchlas, MT dan Ketua Ombudsman Republik Indonesia (ORI) Mokhammad Najih, SH, MHum, PhD, ke depan bisa menjalankan fungsi pelayanan, meskipun secara konstitusi negara Indonesia dibangun atas kesadaran mewujudkan kesejahteraan umum.

Wakil Ketua Majelis Hukum dan HAM PP Muhammadiyah periode 2015-2021 mengatakan, tujuan dibentuknya negara untuk melindungi segenap bangsa dan tumpah darah Indonesia.

Baca Juga: Aktivis 98: Oligarki dan Pengusaha Hitam Membajak Pemerintahan Jokowi

Terkait adanya kerjasama antara UAD dan ORI, Rektor UAD Dr Muchlas, MT berharap bisa melaksanakan kerjasama meliputi kegiatan Catur Dharma Perguruan Tinggi meliputi pendidikan, pengajaran, penelitian, pengabdian kepada masyarakat serta Al-Islam dan Kemuhammadiyahan.

Bagi Muchlas, tidak gampang menjalin kerjasama dengan pihak luar terkait dengan pemerintah di negara kita. "UAD selalu mendorong dosen-dosen ke arah penelitian hilirisasi agar bermanfaat bagi masyarakat," kata Muchlas.

Usai penandatanganan kerjasama dilanjutkan stadium general FH UAD Yogyakarta yang disampaikan Ketua Ombudsman RI dengan tema "Peranan Ombudsman dalam Penegakan Maladministrasi pada Pelayanan Publik" di Amphitarium Kampus Utama UAD Jl Jenderal Ahmad Yani, Ringroad Selatan, Kragilan, Tamanan, Kapanewon Banguntapan, Kabupaten Bantul, Sabtu (16/10/2021).

Baca Juga: Wujudkan BUMN Go Global, Presiden Minta Adaptasi Teknologi Secepatnya

Stadium general yang dipandu Dr Anom Asmorojati ini, menurut Muchlas, merupakan starting point suatu langkah mengawali kuliah atau kegiatan akademik di Fakultas Hukum UAD.

Pada kesempatan itu, Muchlas mengapresiasi Komunitas Peradilan Semu (KPS) FH UAD atas prestasinya dalam National Moot Court Competition Anti Human Trafficking Piala Prof Hilman Hadikusuma Universitas Negeri Lampung.

Halaman:

Editor: Affan Safani Adham

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Pelepasan Siswa Kelas VI SD Negeri Kentungan

Kamis, 16 Juni 2022 | 19:31 WIB
X