• Jumat, 28 Januari 2022

Lulusan Masa Pandemi Covid-19 Harus Adaptif Teknologi

- Minggu, 17 Oktober 2021 | 19:55 WIB
Rektor UWM Prof. Dr. Edy Suandi Hamid. (Humas UWM)
Rektor UWM Prof. Dr. Edy Suandi Hamid. (Humas UWM)

YOGYAKARTA, pojokmalioboro.com - Hampir semua sektor kehidupan kita berbasis teknologi, baik aktivitas pendidikan, ekonomi maupun pemerintahan sebagai upaya mengurangi kontak fisik untuk pencegahan penyebaran Covid-19.

Berbagai aktivitas akademik yang telah dilalui di Universitas Widya Mataram (UWM), telah membentuk wisudawan menjadi lulusan yang seharusnya memiliki kompetensi, skill dan keahlian sesuai bidang ilmu yang digeluti.

Dan secara personal, diharapkan para wisudawan tetap memperkuat skill yang dibutuhkan di era Revolusi Industri 4.0 saat ini. Sehingga tetap mampu bersaing di dunia kerja yang semakin kompetitif.

Baca Juga: Perlu Diperhatikan Pendidikan Tinggi yang Aksesibel bagi Penyandang Disabilitas

Rektor UWM, Prof. Dr. Edy Suandi Hamid, menyampaikan, dalam situasi seperti ini tentu harus meningkatkan daya juang, kemampuan literasi dan kreativitas serta kemauan mengasah ketajaman berpikir, membangun komunikasi dan selalu update informasi.

"Memasuki era baru yang menuntut kemampuan adaptasi, jangan menjadi seseorang yang mudah menyerah atau quiter dan mudah puas atau camper, tetapi jadilah seseorang yang terus berusaha sampai titik puncak atau climber," kata Edy Suandi Hamid.

Sebagai lulusan di era perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang begitu pesat ini, dikatakan Edy Suandi Hamid, para wisudawan wajib memiliki kemampuan adaptif dan fleksibilitas. "Kemampuan penggunaan teknologi informasi dan komunikasi yang menjadi ciri dunia kerja di era digital," tandasnya.

Baca Juga: Kekuasaan Negara tidak Boleh Hanya Dipandu Oleh Eksekutif, Yudikatif dan Legislatif

Ketrampilan abad ke-21 yang meliputi communication, collaboration, creativity, critical thinking, dikatakan Edy Suandi Hamid, akan sangat membantu untuk berkembang di masyarakat.

"Sehingga mampu untuk berkompetisi dalam persaingan global yang terus berjalan sekarang ini," papar Edy Suandi Hamid dalam Wisuda Sarjana UWM ke-59 yang diselenggarakan pada Sabtu (16/10/2021).

Halaman:

Editor: Affan Safani Adham

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Simak Aturan Terbaru Pembelajaran Tatap Muka Jawa Bali

Selasa, 16 November 2021 | 19:05 WIB

HNW: Mestinya Menag Tidak Mendukung Permen Mendikbud

Jumat, 12 November 2021 | 18:05 WIB

Lulusan Masa Pandemi Covid-19 Harus Adaptif Teknologi

Minggu, 17 Oktober 2021 | 19:55 WIB

AHM Siapkan Ajang Adu Kreatifitas untuk Anak Vokasi

Rabu, 13 Oktober 2021 | 07:16 WIB
X