• Sabtu, 21 Mei 2022

Perlunya Meningkatkan Kualitas Pendidikan dan Pengajaran kepada Mahasiswa

- Senin, 18 Oktober 2021 | 05:40 WIB
Dekan Fakultas Hukum Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta Rahmat Muhajir Nugroho, SH, MH. (Affan Safani Adham/pojokmalioboro.com)
Dekan Fakultas Hukum Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta Rahmat Muhajir Nugroho, SH, MH. (Affan Safani Adham/pojokmalioboro.com)

YOGYAKARTA, pojokmalioboro.com - Di depan 412 mahasiswa baru Fakultas Hukum Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Yogyakarta -- tahun ini meningkat dari tahun yang lalu sebanyak 361 mahasiswa -- Dekan FH UAD, Rahmat Muhajir Nugroho, SH, MH, mengatakan, meskipun di masa sulit seperti ini di mana beberapa kampus mengalami penurunan, justru Prodi Ilmu Hukum FH UAD mengalami peningkatan. "Ini merupakan suatu hal yang menggembirakan bagi kita semua," kata Rahmat, Senin (18/10/2021).

Menurut Rahmat, kepercayaan yang telah diberikan masyarakat tersebut akan dijaga dengan cara meningkatkan kualitas pendidikan dan pengajaran kepada mahasiswa, dengan berbagai metode pembelajaran yang mampu meningkatkan pengetahuan (knowledge) dan ketrampilan (skill) di bidang hukum serta penanaman nilai moral dan etik (Islamic value).

"Sehingga kelak dapat menghasilkan sarjana ilmu hukum yang berakhlak mulia, berintregritas, kompeten, diakui secara nasional dan internasional, dijiwai nilai-nilai Islam serta semangat pembaharuan," ungkap Rahmat.

Baca Juga: Lulusan Masa Pandemi Covid-19 Harus Adaptif Teknologi

Selain itu, kata Rahmat, FH UAD juga terus meningkatkan ketersediaan sumber daya manusia (SDM), terutama dosen. "Peningkatan kualitas dosen melalui berbagai aktivitas, pendidikan dan pelatihan, kegiatan Catur Dharma Perguruan Tinggi yaitu pendidikan, penelitian, pengabdian masyarakat, serta dakwah Al-Islam dan Kemuhammadiyahan," jelas Rahmat.

Menurutnya, dari 27 dosen tetap di Prodi Ilmu Hukum sebanyak 46 persen telah bergelar doktor dan 54 persen bergelar magister. "Sehingga sudah mendekati syarat untuk menjadi prodi unggul sebesar lima puluh persen dari total dosen prodi," paparnya.

Hingga saat ini masih terdapat 7 orang dosen yang sedang studi. "Dan kita mengharapkan dalam waktu tidak terlalu lama lagi akan segera selesai sehingga tahun 2024 atau sebelum itu dapat meraih akreditasi unggul," kata Rahmat.

Baca Juga: Kekuasaan Negara tidak Boleh Hanya Dipandu Oleh Eksekutif, Yudikatif dan Legislatif

FH UAD juga terus meningkatkan sarana dan prasarana pembelajaran. Untuk tahun 2021 ini diprogramkan untuk penambahan ruang laboratorium hukum, ruang debat dan ruang jurnal.

Dengan adanya fasilitas-fasilitas tersebut diharapkan dapat mendukung proses pembelajaran dan peningkatan ketrampilan mahasiswa di bidang hukum,serta peningkatan kualitas publikasi dosen. 

Halaman:

Editor: Affan Safani Adham

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Rektor UWMY: Kepala Program Studi Itu Superman

Selasa, 15 Februari 2022 | 20:00 WIB

Simak Aturan Terbaru Pembelajaran Tatap Muka Jawa Bali

Selasa, 16 November 2021 | 19:05 WIB

HNW: Mestinya Menag Tidak Mendukung Permen Mendikbud

Jumat, 12 November 2021 | 18:05 WIB
X