• Sabtu, 21 Mei 2022

BKSAP Tekankan Pentingnya Pendidikan Berkualitas Untuk Capai SDGs

- Minggu, 31 Oktober 2021 | 11:30 WIB
Wakil Ketua BKSAP DPR RI Mardani Ali Sera saat BKSAP SDGs Day bertajuk “Peran Strategis Diplomasi Parlemen BKSAP DPR RI Dalam Mendukung Pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs)” di Universitas Subang (Unsub), Kabupaten Subang, Jawa Barat, Jumat (17/9/2021) (Foto: dpr.go.id)
Wakil Ketua BKSAP DPR RI Mardani Ali Sera saat BKSAP SDGs Day bertajuk “Peran Strategis Diplomasi Parlemen BKSAP DPR RI Dalam Mendukung Pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs)” di Universitas Subang (Unsub), Kabupaten Subang, Jawa Barat, Jumat (17/9/2021) (Foto: dpr.go.id)

POJOKMALIOBORO.com - Wakil Ketua Badan Kerja Sama Antar Parlemen (BKSAP) DPR RI Mardani Ali Sera menekankan pentingnya kualitas pendidikan dalam mencapai Tujuan Pembangunan Berkelanjutan atau Sustainable Development Goals (SDGs).

Di samping itu, pendidikan menjadi lokomotif untuk mendorong kreativitas dan daya saing SDM yang menjadi kunci kemajuan bangsa Indonesia di masa depan.

Hal itu disampaikan Mardani saat memimpin BKSAP SDG's Day bertajuk "Peran Strategis Parlemen dalam Diplomasi Soft Power melalui Dunia Pendidikan" di Universitas Islam 45 (Unisma), Bekasi, Jawa Barat, belum lama ini.

Baca Juga: Di Hadapan Pengemudi Bentor, Fadel Muhammad Sosialisasikan Empat Pilar MPR dan Kisahkan Perjuangan Pahlawan Go

Turut hadir dalam kesempatan tersebut, Anggota BKSAP Ichsan Firdaus (F-Golkar) dan Anggota BKSAP Sakinah Aljufri (F-PKS), Rektor UNISMA Dr. Hermanto, dan Wakil Rektor Unisma Dr. M. Harun Alrasyid.

“Kita tahu ke depan perkembangan teknologi kian kompleks, maka dari itu ilmu menjadi kata kunci. Dan di perguruan tinggi, ilmu dikaji untuk menghasilkan inovasi, kreativitas hingga produk-produk unggulan. Sehingga, ini nantinya yang akan menjadi modal Indonesia untuk melakulan soft power diplomacy dengan negara lain," jelas politisi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) ini.

Selaku pimpinan delegasi, Mardani juga memberikan sosialisasi peran diplomasi parlemen dan memandu jalannya diskusi dengan mahasiswa.

Baca Juga: Ketua DPD RI: Undang-Undang Dasar Beri Ruang Capres dari Non Parpol

Mardani mengungkapkan diplomasi parlemen sebagai second track diplomacy, memegang peranan yang cukup penting mengingat masih banyaknya sejumlah negara yang berbasiskan parlementer. Hal itu membuat diplomasi parlemen menjadi hal yang sangat strategis.

BKSAP juga aktif dalam menyuarakan kepentingan nasional Indonesia terkait berbagai isu global yang tengah mengemuka, terutama isu-isu yang berkaitan dengan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan atau SDGs. Salah satunya mengenai pendidikan mengingat bahwa pendidikan berkualitas merupakan goal ke-4 SDGs.

Terkait bidang pendidikan, Mardani menilai sejatinya Universitas harus memiliki uniqueness masing-masing, sehingga dapat menciptakan SDM yang unggul.

Baca Juga: Ada Bansos Rp300 Ribu November-Desember 2021, Apakah Termasuk BST Tahap 7 dan 8?

Anggota Komisi II DPR RI itu mencontohkan, seperti Korea Selatan yang dinilai cukup berhasil menggunakan "soft power" untuk menyebarkan pengaruh budaya pop Korea sekaligus memperkuat industrinya, misalnya kuliner dan pariwisata.

“Menurut saya harus ada penguatan atau dorongan terhadap universitas kita di dalam negeri sehingga mampu naik kelas. Karena itulah, yang akan jadi booster tenaga utama pembangunan di Indonesia," terangnya.

Mardani menambahkan, BKSAP juga akan menjembatani bagi universitas-universitas di seluruh Indonesia untuk membangun kerja sama dengan pihak-pihak perguruan tinggi di berbagai negara untuk membuka kesempatan bagi mahasiswa Internasional untuk merasakan pengalaman belajar di Indonesia.

Baca Juga: Biden Akan Bicara Krisis Rantai Pasokan Dunia di G20

Adapun, BKSAP turut aktif mempromosikan unsur-unsur yang menjadi daya tarik Indonesia di mata Internasional, mendorong terciptanya peluang kerja sama dalam bidang pendidikan, penelitian ataupun pembiayaan pendidikan dan penelitian serta mendorong bantuan untuk peningkatan kualitas SDM pendidikan agar tercipta daya saing yang baik dari sisi SDM Indonesia. *

Halaman:

Editor: Ibrahim Umar

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Rektor UWMY: Kepala Program Studi Itu Superman

Selasa, 15 Februari 2022 | 20:00 WIB

Simak Aturan Terbaru Pembelajaran Tatap Muka Jawa Bali

Selasa, 16 November 2021 | 19:05 WIB

HNW: Mestinya Menag Tidak Mendukung Permen Mendikbud

Jumat, 12 November 2021 | 18:05 WIB
X