• Sabtu, 21 Mei 2022

Miris! Ribuan Ijazah Siswa di Kota Pelajar masih Ditahan Sekolah

- Selasa, 9 November 2021 | 22:42 WIB
Miris! Ribuan Ijazah Siswa di Kota Pelajar masih Ditahan Sekolah (istimewa)
Miris! Ribuan Ijazah Siswa di Kota Pelajar masih Ditahan Sekolah (istimewa)

POJOKMALIOBORO.com - Ribuan siswa di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) diduga menjadi korban pungutan liar (pungli) dari pihak sekolah.

Imbasnya, ribuan pelajar yang berasal dari jenjang pendidikan sekolah menengah pertama (SMP), sekolah menengah atas (SMA), hingga sekolah menengah kejuruan (SMK) itu kesulitan mendapatkan ijazah karena ditahan pihak sekolah.

Pungli yang dialami ribuan pelajar itu rata-rata berkedok sumbangan sukarela yang diterapkan pihak sekolah, mirisnya hal tersebut terjadi di daerah yang menyandang predikat Kota Pelajar.

Baca Juga: Tampil Offline di WhatsApp, Yuk Simak Caranya

Meski demikian, dalam praktiknya sumbangan itu besar nilai dan waktu pembayaran ditentukan sekolah dengan kisaran Rp500.000 hingga Rp2 juta per muridnya.

Salah seorang wali murid, Robani, mengatakan pungli berkedok sumbangan itu diberitahukan kepada wali murid saat pertama kali masuk sekolah.

Wali dan orang tua murid diberitahu soal kebijakan sumbangan peningkatan pendidikan yang waktu dan nilainya telah ditentukan oleh pihak sekolah.

Baca Juga: Menkes: Vaksin Booster Berbayar Mulai 2022, Ini Kisaran Harganya, Mulai dari yang Murah sampai Mahal

Perincian sumbangan itu terdiri dari berbagai macam seperti sumbangan peningkatan pendidikan, seragam sekolah, sumbangan pembinaan pendidikan (SPP), dan lain-lain.

“Dalam sosialisasi pertama itu, sekolah mengemukakan soal RAPBS (Rencana Anggaran Pendapatan dan Belanja Sekolah) habisnya sekian, kekurangannya sekian. Kemudian, kekurangan itu dibagi sejumlah murid dan ketemu sekian juta per murid dan ditambah lagi SPP. Padahal sejak 2017 SPP telah dihapus,” ujar Robani di LBH Yogyakarta, Selasa 9 November 2021.

Halaman:

Editor: Ibrahim Umar

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Rektor UWMY: Kepala Program Studi Itu Superman

Selasa, 15 Februari 2022 | 20:00 WIB

Simak Aturan Terbaru Pembelajaran Tatap Muka Jawa Bali

Selasa, 16 November 2021 | 19:05 WIB

HNW: Mestinya Menag Tidak Mendukung Permen Mendikbud

Jumat, 12 November 2021 | 18:05 WIB
X