• Senin, 4 Juli 2022

Rektor UWM: Pembelajaran Luring Mengatrol Ekonomi Yogyakarta

- Selasa, 12 April 2022 | 20:28 WIB
Rektor Universitas Widya Mataram (UWM) Yogyakarta Prof. Dr. Edy Suandi Hamid, M.Ec. (dok.pribadi)
Rektor Universitas Widya Mataram (UWM) Yogyakarta Prof. Dr. Edy Suandi Hamid, M.Ec. (dok.pribadi)

POJOKMALIOBORO.com - Pembelajaran di kampus secara luring atau tatap muka sangat menyenangkan dan kehadiran mahasiswa ke kampus bisa mendorong dinamika ekonomi di Yogyakarta. Universitas Widya Mataram Yogyakarta siap melaksanakan pembelaran luring mulai tahun akademik 2022-2023.

"Ketika ribuan mahasiswa datang ke Yogyakarta, perputaran ekonomi warga menggeliat," ujar Rektor Universitas Widya Mataram (UWM) Yogyakarta Prof. Dr. Edy Suandi Hamid, M.Ec. dalam Webinar HUT 11 Tahun Jogja "Saatnya Mahasiswa Kembali Ke Jogja", Senin 11 April 2022.

Mengutip data Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Edy menyatakan, pengeluaran biaya hidup dan biaya pendidikan mahasiswa pada 2020 mencapai Rp 17,2 triliun per tahun, setara 12,2 % PDRB.

Baca Juga: THR Tidak Dibayarkan, Karyawan Bisa Segera Melapor Kesini

"Sumbangan biaya mahasiswa bisa dirinci per orang mencapai Rp 2,92 juta per bulan. Pengeluarkan itu lebih tinggi dari upah minimum DIY sebesar Rp 1,7 juta," terangnya.

Siap Tatap Muka

UWM telah menyiapkan kuliah daring pada akhir 2021 tetapi rencana itu tidak bisa dijalankan karena awal 2022 terjadi kenaikan lagi pandemi Covid-19.

Baca Juga: Genap Berusia 9 Bulan, Selais Wedding Organizer Buka Puasa Bersama Vendor dan Media

"Pada awal tahun ajaran 2022-2023, UWM siap melaksanakan pembelajaran secara luring. Sebagian saja yang pembelajaran daring," imbuhnya.

Edy berpendapat, seluruh perguruan tinggi (PT) di Yogyakarta harus berbenah untuk menerima kembali kehadiran para mahasiswa. Selain mendatangkan kuntungan finansial dengan kehadiran para mahasiswa di kampus, kuliah tatap muka memudahkan dan memperjelas transfer nilai.

Halaman:

Editor: Putri Susanti

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Pelepasan Siswa Kelas VI SD Negeri Kentungan

Kamis, 16 Juni 2022 | 19:31 WIB
X