• Sabtu, 21 Mei 2022

Nerlian Gogali, Alumnus Fakultas Teologi UKDW Raih Four Freedom Awards 2022

- Kamis, 12 Mei 2022 | 11:00 WIB
Nerlian Gogali, Alumnus Fakultas Teologi UKDW Raih Four Freedom Awards 2022 (dok.UKDW)
Nerlian Gogali, Alumnus Fakultas Teologi UKDW Raih Four Freedom Awards 2022 (dok.UKDW)

POJOKMALIOBORO.com - Nerlian Gogali, alumnus Fakultas Teologi Universitas Kristen Duta Wacana (UKDW) Yogyakarta yang akrab dipanggil dengan nama Lian Gogali, beberapa waktu yang lalu mendapatkan penghargaan Four Freedom Awards 2022 untuk kategori kebebasan beribadah.

Penghargaan bergengsi yang digelar sejak tahun 1982 oleh lembaga nirlaba Roosevelt Foundation ini mengacu pada empat prinsip demokrasi yang disampaikan oleh Presiden Amerika Serikat, Franklin D. Roosevelt, pada 6 Januari 1941 yang meliputi freedom of speech and expression, freedom of worship, freedom from want, dan freedom of fear.

Lian Gogali menerima penghargaan atas komitmennya yang teguh dan berani terhadap dialog antaragama dan kebebasan beragama di daerah yang dilanda konflik di Poso, Sulawesi Tengah, Indonesia.

Baca Juga: Berani Selfie dengan Sensor Kamera Berisi

Ia mendirikan Institut Mosintuwu pada tahun 2009 yang menitikberatkan programnya pada meningkatkan kesadaran gender, agama, toleransi, dan perdamaian.

Lembaga ini berawal dari sekolah perempuan, melakukan studi perdamaian, dan mendidik perempuan penyintas konflik Poso untuk menjadi pembawa damai dan agen perubahan.

Setelah menempuh pendidikan, para perempuan dengan latar belakang etnis dan agama yang berbeda, banyak yang kemudian berperan aktif di desanya. 

Baca Juga: Hasil Pertemuan Pemda DIY dan Warga: TPA Piyungan Kembali Dibuka Hari Ini

Perempuan kelahiran 24 April 1978 ini dikenal sebagai aktivis perempuan dan perdamaian yang mendorong perempuan dari berbagai desa, latar belakang etnis, dan agama untuk berperan aktif dalam perekonomian desa serta masyarakat.

Kisah Lian Gogali dan Institut Mosintuwu menunjukkan bagaimana satu individu dapat membuat perbedaan dan secara positif mempengaruhi kehidupan banyak orang.

Halaman:

Editor: Putri Susanti

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Rektor UWMY: Kepala Program Studi Itu Superman

Selasa, 15 Februari 2022 | 20:00 WIB

Simak Aturan Terbaru Pembelajaran Tatap Muka Jawa Bali

Selasa, 16 November 2021 | 19:05 WIB

HNW: Mestinya Menag Tidak Mendukung Permen Mendikbud

Jumat, 12 November 2021 | 18:05 WIB
X