• Rabu, 7 Desember 2022

Kembangkan Kualitas Pendidikan, Muhammadiyah Kerjasama dengan Enuma dan The Head Foundation

- Selasa, 7 Juni 2022 | 08:49 WIB
Penandatanganan MoU Muhammadiyah dengan Enuma dan The Head Foundation untuk Program EdutabMu  (Humas PP Muhammadiyah)
Penandatanganan MoU Muhammadiyah dengan Enuma dan The Head Foundation untuk Program EdutabMu (Humas PP Muhammadiyah)

POJOKMALIOBORO.com - Muhammadiyah sebagai organisasi yang memiliki 2.668 sekolah jenjang pendidikan dasar secara konsisten menunjukkan kepedulian, serta terjun langsung di lapangan untuk memastikan bahwa upaya peningkatan mutu Pendidikan khususnya di sekolah terus dipraktekkan, kemudian mencetuskan program EdutabMu (Edukasi Tablet Muhammadiyah).

Disampaikan Abdulah Mukti, anggota Majelis Pendidikan Dasar dan Menengah, bahwasannya program EdutabMu adalah salah satu program Inovasi Sosial LazisMU di bidang pendidikan dengan pelaksana program Majelis Pendidikan Dasar dan Menengah (Dikdasmen) Muhammadiyah dan ‘Aisyiyah dengan menggunakan aplikasi Sekolah Enuma yang dikembangkan oleh Enuma, Inc. yang berbasis di California. 

Ia menjelaskan, bahwa dalam aplikasi Sekolah Enuma ini, Siswa dapat belajar secara mandiri dengan bimbingan guru untuk tiga bidang pembelajaran yakni Bahasa Inggris, Bahasa Indonesia dan Matematika.

Baca Juga: Jawa Bali PPKM Level 1, Ini Aturan Terbaru Ngemal, WFO, hingga Nonton Bioskop berlaku 7 Juni-4 Juli 2022

Selain itu ada ratusan buku anak-anak yang dapat diakses melalui aplikasi ini, tanpa jaringan internet atau nir internet. Program diluncurkan bertepatan dengan hari Kemerdekaan RI pada 2021 yang meliputi 6 provinsi, 35 kabupaten, dan 47 sekolah dengan total penerima manfaat lebih dari 2.300 siswa.

Program EdutabMu tahap awal kemudian mendapatkan respons positif dari berbagai pihak; sekolah yang terlibat mengharapkan bahwa Aplikasi Sekolah Enuma dapat membantu meningkatkan capaian literasi dasar siswa dan meningkatkan brand image sekolah Muhammadiyah.

"Banyak sekali sekolah yang menghubungi kami dan memohon untuk diikutsertakan dalam program EdutabMu lanjutan," jelas Mukti. 

Baca Juga: Mantan Walikota Jogja Kena OTT KPK, Begini Kata Pakar Hukum UWM

Sebagai bentuk keberlanjutan program EdutabMu, LAZISMU dan Enuma kemudian menggandeng The HEAD Foundation (THF) yang bermarkas di Singapura untuk mendukung implementasi program melalui pemberian dana hibah sebesar SGD 400.000. 

Wan Chang Da, Chief Operating Officer (COO) THF, berharap dukungan yang diberikan untuk LazisMu untuk Sekolah Muhammadiyah akan membuahkan hasil positif yang akan mendorong lebih banyak donasi dan sponsor untuk membuat aplikasi Sekolah Enuma tersedia bagi lebih banyak anak.

Halaman:

Editor: Affan Safani Adham

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Pelepasan Siswa Kelas VI SD Negeri Kentungan

Kamis, 16 Juni 2022 | 19:31 WIB
X