• Kamis, 6 Oktober 2022

Gelar Reuni dan Kongres 17 September 2022, Alumni Sejarah UGM Ditunggu Kiprah Sosialnya

- Kamis, 15 September 2022 | 18:41 WIB
Gelar Reuni dan Kongres 17 September 2022, Alumni Sejarah UGM Ditunggu Kiprah Sosialnya (Istimewa)
Gelar Reuni dan Kongres 17 September 2022, Alumni Sejarah UGM Ditunggu Kiprah Sosialnya (Istimewa)

POJOKMALIOBORO.com - Pimpinan Pusat Keluarga Alumni Sejarah Gadjah Mada (PP Kasagama) menggelar reuni sekaligus kongres. Acara yang akan dilaksanakan pada Sabtu 17 September 2022 di Gedung Soegondo Lantai 7 FIB UGM dimaksudkan untuk merajut kembali kebersamaan sesama alumni Sejarah FIB UGM dan mencoba memetakan peran alumni dalam pengabdian masyarakat di masa depan.

Menurut Wahjudi Djaja selaku Ketua Panitia Reuni dan Kongres, tema yang diangkat adalah Merajur Kenang Merenda Juang.

"Perjuangan tidak pernah selesai dengan merampungkan bangku kuliah. Justru kepedulian dan tanggung jawab moral alumni Sejarah FIB UGM ditunggu kiprahnya di masyarakat. Itulah kenapa kita menyertakan frasa merenda juang," katanya.

Baca Juga: PP Muhammadiyah Terima Kunjungan Dewan Keamanan Thailand

Saat masyarakat menggali potensinya untuk meningkatkan taraf kehidupannya, lanjut alumni tahun 1996 ini, para alumni bisa membantu pemerintah dalam mengidentifikasi potensi terutama yang terkait kesejarahan.

"Ada gerakan arus bawah yang mencoba untuk mengangkat sejarah desa atau sejarah lokal. Ini merupakan bagian pembentukan karakter dan kepribadian. Baik jika para alumni menggunakan ilmunya untuk mendampingi pembangunan desa," jelasnya.

Terkait format pengabdian, dijawab, bisa dengan memberdayakan kerjasama antara alumni dengan Departemen Sejarah FIB UGM yang memiliki beragam program pengabdian masyarakat.

Baca Juga: Partai Gelora: Bonus Demografi Belum Jadi Kekuatan Bagi Indonesia untuk Bawa Lompatan Kesejahteraan

"Harapan itu menguat setelah tokoh pergerakan mahasiswa Dr. Arie Sudjito dilantik sebagai Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan, Pengabdian Masyarakat dan Alumni Universitas Gadjah Mada untuk masa bakti 2022-2027. Semoga bisa membuka pintu sinergi," imbuhnya.

Tentang kongres dijelaskan Isti Yunaida selaku Sekretaris Panitia, sesuai AD/ART Kasagama, kongres dilaksanakan lima tahun sekali.

Halaman:

Editor: Ibrahim Umar

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Pelepasan Siswa Kelas VI SD Negeri Kentungan

Kamis, 16 Juni 2022 | 19:31 WIB
X