Tantangan Kerja Generasi Muda Harus Melakukan Inovasi, Adaptasi dan Kolaborasi

- Kamis, 8 Desember 2022 | 08:30 WIB
Seminar Nasional Milad ke-62 UAD Yogyakarta bertajuk "Ekonomi Konstitusional untuk Mewujudkan Indonesia Berkemajuan" (Affan Safani Adham/PojokMalioboro.com)
Seminar Nasional Milad ke-62 UAD Yogyakarta bertajuk "Ekonomi Konstitusional untuk Mewujudkan Indonesia Berkemajuan" (Affan Safani Adham/PojokMalioboro.com)

POJOKMALIOBORO.com - Peluang dan tantangan kerja untuk generasi muda memang tidak mudah. Setidaknya ada tiga hal yang harus dipenuhi, yaitu inovasi, adaptasi dan berkolaborasi. Itu tidak bisa ditawar-tawar.

Di depan Rektor UAD Dr Muchlas, MT, Hendri Saparini, PhD (Founder CORE Indonesia), Dr Dini Yuniarti, MSi (Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis) dan Dr Muhammad Hamdi, SE, MBA (moderator), Dr H Sandiaga S Uno, MBA (Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI) ketika menyampaikan keynote speaker secara online dalam Seminar Nasional Milad ke 62 Universitas Ahmad Dahlan (UAD), mengatakan, dalam konteks ekonomi kita perlu juga melakukan gerak cepat, gerakan bersama ekonomi berbasis silaturahmi dan garap semua potensi termasuk online.

Menurutnya, ekonomi kreatif justru ingin menciptakan 4,4 juta lapangan kerja baru bagi generasi muda. "Target ini bisa tercapai atau terealisasi dengan syarat generasi muda mampu melakukan inovasi, adaptasi dan kolaborasi," kata Sandiaga Uno.

Baca Juga: Gubernur Tetapkan UMK DIY Tahun 2023, Kota Yogyakarta Tertinggi

Seminar bertajuk "Ekonomi Konstitusional untuk Mewujudkan Indonesia Berkemajuan" yang dibuka Rektor UAD, Dr Muchlas, MT, berlangsung di Amphitarium Kampus Utama UAD, Jl Jenderal Ahmad Yani, Ringroad Selatan Kragilan, Kalurahan Tamanan, Kapanewon Banguntapan, Kabupaten Bantul, Rabu 7 Desember 2022.

Rektor UAD, Dr Muchlas, MT, mengatakan, tradisi ketika ada Milad UAD selalu menampilkan host dan co host dari dua fakultas secara bergiliran. Host adalah fakultas yang melaksanakan rangkaian milad tahun ini, sedangkan co host adalah fakultas yang akan melaksanakan tahun depan.

Tahun ini host-nya Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) dan co host Fakultas Hukum. "Karena itu, tema disesuaikan dengan fakultas host dan co host, terutama persoalan bangsa dan negara," kata Muchlas.

Baca Juga: Rania Salsabila Rilis New Single Berjudul Surga Cintaku, Ini Liriknya

Menurut Muchlas, tema yang diangkat terkait persoalan bangsa dan negara yang dikaitkan dengan bidang ilmu host dan co host. "Seminar kali ini diharapkan memberikan sumbangan pemikiran mengenai ekonomi bangsa terkait dengan hal yang bersifat konstitusional," kata Muchlas.

Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Ahmad Dahlan, Dr Dini Yuniarti, SE, MSi, CIQnR, mengatakan, konstitusi jika dilaksanakan dengan amanah dan tepat sasaran akan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Halaman:

Editor: Affan Safani Adham

Tags

Artikel Terkait

Terkini

TIM PKM UAD Gelar Pelatihan Digitalpreneur untuk UMKM

Selasa, 27 Desember 2022 | 07:53 WIB

UKDW Kukuhkan 342 Wisudawan secara Luring

Rabu, 7 Desember 2022 | 08:41 WIB
X