• Selasa, 7 Desember 2021

Bamsoet Membantah Wacana Jabatan Presiden 3 Periode

- Minggu, 5 September 2021 | 15:23 WIB
Ketua MPR RI, Bambang Soesatyo (bambangsoesatyo.info)
Ketua MPR RI, Bambang Soesatyo (bambangsoesatyo.info)

JAKARTA, pojokmalioboro.com - Ketua MPR RI Bambang Soesatyo (Bamsoet) menyampaikan, pihaknya siap untuk menyelenggarakan diskusi publik terkait PPHN (Pokok-Pokok Haluan Negara). Hal ini guna membantah wacana perpanjangan masa jabatan presiden menjadi tiga periode.

Diskusi tersebut akan digelar secara berkala pada akhir bulan September 2021 untuk menyerap aspirasi masyarakat tentang berbagai hal seputar PPHN.

"Hal ini sekaligus untuk menepis berbagai hoaks terkait perpanjangan masa jabatan Presiden dan Wakil Presiden, maupun penambahan periodisasi Presiden menjadi tiga periode," ujar Bamsoet dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (4/9/2021).

Baca Juga: Malioboro Mulai Ramai, Wakil Walikota Yogyakarta: Masih Jauh dari Normal

Bamsoet mengklaim langkah MPR RI menyiapkan PPHN sebagai bentuk menjalankan amanat rekomendasi dari MPR periode 2019-2014 dan 2014-2019.

"Dari berbagai aspirasi publik yang diserap MPR, terlihat jelas bahwa Indonesia sangat membutuhkan PPHN sebagai bintang penunjuk arah pembangunan, guna mencegah negara tanpa arah," terangnya.

Ditambahkan Bamsoet, keberadaan PPHN sangat penting untuk memastikan kesinambungan pembangunan dari satu periode pemerintahan ke periode penggantinya.

Baca Juga: Mendagri Minta Pemda Perbaiki dan Perbaharui Input Data Covid-19

Selain itu, lanjut Bamsoet, PPHN sekaligus memperkuat sistem presidensial di era desentralisasi, serta menjamin keberlangsungan kepemimpinan nasional yang otentik, konstitusional, kuat dan stabil dan berwibawa.

Menurutnya, dengan keberadaan PPHN juga akan memperkokoh integrasi bangsa dalam semangat persatuan dan kesatuan, yang berdasar kepada Pancasila dan UUD 1945 serta dalam wadah Negara Kesatuan Republik Indonesia yang ber-Bhinneka Tunggal Ika.

Halaman:

Editor: Putri Susanti

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Tiga Guru Besar UGM Tutup Usia, Berikut Nama-namanya

Kamis, 4 November 2021 | 21:26 WIB
X