• Kamis, 6 Oktober 2022

Seknas Jokowi DIY Menggelar FGD Agenda 45 'Jalan Kesejahteraan Indonesia'

- Sabtu, 20 Agustus 2022 | 10:19 WIB
Seknas Jokowi DIY Menggelar FGD Agenda 45 'Jalan Kesejahteraan Indonesia' (Ibrahim Umar/PojokMalioboro.com)
Seknas Jokowi DIY Menggelar FGD Agenda 45 'Jalan Kesejahteraan Indonesia' (Ibrahim Umar/PojokMalioboro.com)

POJOKMALIOBORO.com - Seknas Jokowi DIY menginisiasi Focus Group Discussion (FGD) Agenda 45, yang merupakan wadah bagi penyusunan Rencana Pembangunan Jangka Panjang 2025 – 2045 negara Republik Indonesia.

Dalam pelaksanaannya FGD ini dilaksanakan di Ruang Rapur Lantai 2 Gedung DPRD DIY Jalan Malioboro No. 54 Yogyakarta, pada Sabtu 20 Agustus 2022.

"Ini menunjukkan bahwa FGD ini mengajak seluruh komponen masyarakat untuk terlibat dan berpartisipasi aktif dalam menentukan arah pembangunan bangsa Indonesia," ujar Ketua DPW Seknas Jokowi DIY, Fachim Fahmi disela acara.

Baca Juga: Tingkatkan Perekonomian Pariwisata, DPW GEKRAFS DIY Semarakan Pesta Wisata 2022

Dijelaskan Fachim, FGD kali ini dihadiri oleh berbagai kalangan seperti akademisi, praktisi, politisi, instansi pemerintahan, LSM, relawan, dan mahasiswa.

Sementara Ketua Umum Seknas Jokowi, Rambun Tjajo, menyebutkan, Agenda 45 menjadi langkah awal untuk merumuskan jalan kesejahteraan Indonesia artinya rencana dan pelaksanaan pembangunan fokus pada peningkatan kesejahteraan dan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.

"Perumusan ini berbasis pada lima pilar pembangunan, yakni Pangan, Energi, Kebudayaan, Tata Kelola Pemerintahan dan Geo Politik Global," katanya.

Baca Juga: Pelepasan Mahasiswa KKN Unisa Yogyakarta, Tebar Manfaat dan Dekat pada Masyarakat

"Posisi tawar pangan dan energi sebagai sumber daya penyokong produk industri, keuangan, dan jasa yang lemah di pasar global dikuatkan melalui kebudayaan, tata kelola pemerintahan, dan politik global," imbuhnya.

Selain itu, Kebudayaan akan mampu membangun ekosistem kegiatan produksi pangan dan energi di dalam masyarakat luas berbasis pada SDM, SDA, dan kearifan lokal. Selain itu akan menempatkan produksi pangan dan energi sebagai fokus kegiatan ekonomi, pendidikan, sosial, budaya, dan keamanan seluruh bangsa Indonesia.

Halaman:

Editor: Ibrahim Umar

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Musda SKI DIY: Lengkapi Struktur Sampai Tingkat Kelurahan

Minggu, 11 September 2022 | 10:57 WIB
X