• Kamis, 6 Oktober 2022

Partai Gelora: Bonus Demografi Belum Jadi Kekuatan Bagi Indonesia untuk Bawa Lompatan Kesejahteraan

- Kamis, 15 September 2022 | 11:17 WIB
Gelora Talk Bertajuk 'Generasi Sandwich, Para Pemikul Beban di Usia Produktif, Rabu 14 September 2022. (Tangkapan Layar/PojokMalioboro.com)
Gelora Talk Bertajuk 'Generasi Sandwich, Para Pemikul Beban di Usia Produktif, Rabu 14 September 2022. (Tangkapan Layar/PojokMalioboro.com)

POJOKMALIOBORO.com - Partai Gelombang Rakyat (Gelora) Indonesia menilai bonus demografi ternyata belum menjadi kekuatan bagi Indonesia yang bisa membawa lompatan kesejahteraan.

Sebab, usia produktif yang digadang-gadang untuk bisa membawa lompatan kesejahteraan itu ternyata, partisipasi pendidikan tingginya masih relatif rendah, akibat tekanan ekonomi yang mereka alami.

"Bonus demografi ini, ternyata dalam perjalanannya tidak semudah yang kita harapkan. Momentum ini tidak jadi meledak, karena ternyata usia produktif yang digadang-gadang itu, partisipasi pendidikannya relatif rendah," ujar Dadi Krismatono, Ketua Bidang Narasi Gelora">Partai Gelora dalam Gelora Talk Bertajuk 'Generasi Sandwich, Para Pemikul Beban di Usia Produktif, Rabu 14 September 2022.

Baca Juga: KLHK Gandeng Humas K/L Bumikan Indonesia’s FOLU Net Sink 2030

Menurut Dadi, Ketua Umum Gelora">Partai Gelora Anis Matta sudah mengingatkan hal ini dalam bukunya 'Gelombang Ketiga Indonesia' yang telah ditulis pada 2013-2014 lalu.

"Memang ada problem kultural dan struktural dalam rantai ekonomi kita. Keluarga dan agama tidak mungkin menjadikan orang Indonesia itu individual, sehingga generasi penerus ini menjadi pemikul beban dan harus mengesampingkan urusannya sendiri," ujarnya.

Namun, Dadi optimis generasi sandwich atau generasi para pemikul beban ini bisa keluar dari kompleksitas masalah tersebut, meskipun ada nilai-nilai sosial dan agama yang tidak bisa dihilangkan.

Baca Juga: Birukan Langit Indonesia: 4.000 Peserta Senam Sehat PUAN Sleman

"Karena saat ini, siapa yang akan mengurusi lansia (orang tua mereka). Nilai-nilai seperti ini tidak mungkin dihilangkan, tetapi kami optimis akan ada solusi revolusioner yang akan menjadi role model," katanya.

Gelora">Partai Gelora, lanjutnya, akan terus memberikan literasi kepada masyarakat mengenai bonus demografi dalam perspektif bangsa, karena sangat strategis untuk lompatan kesejahteraan.

Halaman:

Editor: Ibrahim Umar

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Musda SKI DIY: Lengkapi Struktur Sampai Tingkat Kelurahan

Minggu, 11 September 2022 | 10:57 WIB
X