• Sabtu, 21 Mei 2022

Kini Raja Handphone RI Berganti, Bukan Samsung atau Xiaomi, Lalu Siapa?

- Minggu, 14 November 2021 | 18:30 WIB
Toko Handphone di Jogjatronik Mall (Ibrahim Umar/PojokMalioboro.com)
Toko Handphone di Jogjatronik Mall (Ibrahim Umar/PojokMalioboro.com)

POJOKMALIOBORO.com - Vivo rajai pasar handphone (HP) di Indonesia dengan pangsa pasar 23%. Padahal pada kuartal sebelumnya Vivo berada di urutan ke-5 dengan market share 12%.

Menurut Edy Kusuma, Senior Brand Director Vivo Indonesia, selain dukungan online store Vivo, integrasi antara channel modern dan tradisional memberikan kontribusi langsung di kuartal ketiga ini.

"Di tengah pembatasan yang perlu dilakukan pada kuartal ketiga, channel tradisional Vivo yang tersebar di daerah berperan penting sebagai salah satu basis penjualan utama kami," tutur Edy.

Baca Juga: Kapolri: Saya Pastikan Masuk Polisi Tidak Ada yang Bayar

Posisi Xiaomi sendiri merosot ke posisi keempat dengan pangsa pasar 16% dengan angka pertumbuhan tahunan minus 18. Bila membandingkan dengan kuartal kedua 2021, mereka mampu menguasai 28% pasar HP di Indonesia dengan angka pertumbuhan 112% dibanding periode yang sama tahun sebelumnya.

Di urutan kedua penguasa pasar HP di Indonesia diduduki oleh Oppo. Brand yang akan segera merilis Oppo A95 ini menguasai 22% pangsa pasar dengan nilai pertumbuhan tahunan minus 19%.

Samsung menjadi satu-satunya brand yang mengalami pertumbuhan positif di kuartal ketiga ini dengan annual growth sebesar 7%. Ini membuatnya berada di posisi ketiga dengan market share sebesar 18%.

Baca Juga: Berikut Daftar Bansos yang Akan Cair di Bulan November 2021, Cek Segera Sebelum Terlewat

Posisi kelima ada Realme yang punya pangsa pasar 13% naik tipis dari 12% di kuartal kedua. Namun angka pertumbuhan tahunannya minus 18%.

Adapun secara global, Samsung masih menjadi raja ponsel dunia. Dalam laporan terbaru Canalys, Samsung mempertahankan diri menjadi pemimpin pasar smartphone global.

Halaman:

Editor: Ibrahim Umar

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Berani Selfie dengan Sensor Kamera Berisi

Kamis, 12 Mei 2022 | 10:41 WIB

6 Tips Perpanjang Umur Baterai Poco M3 Pro 5G

Selasa, 15 Februari 2022 | 10:05 WIB
X