• Senin, 4 Juli 2022

Ingat, Jangan Sembarangan Jawab Telepon Tak Dikenal Atau Bermasalah

- Selasa, 7 Desember 2021 | 20:11 WIB
Ilustrasi ragam aplikasi media sosial (PEXELS/Lisa Fotios)
Ilustrasi ragam aplikasi media sosial (PEXELS/Lisa Fotios)

POJOKMALIOBORO.com - Para pemakai HP Android diminta untuk berhati-hati dalam menerima telepon. Karena ada risiko menjadi korban penipuan malware yang mencuri informasi pribadi.

Baru-baru ini malware bernama BRATA, telah ditemukan di Italia. Menurut para peneliti dari Cleafy, malware itu sebelumnya hanya ditemukan di Brazil.

McAfee dalam laman resminya mengatakan, BRATA juga telah terlihat di Spanyol dan Amerika Serikat.

Baca Juga: Hal-hal Menarik Dibalik Pembuatan Film Ghostbusters Afterlife yang Sempat Gagal Dibuat

Sebagai bagian dari penipuan, pelaku akan mengontak pengguna Android yang menjadi korban serangan SMS untuk mencuri informasi perbankan online.

Para peneliti dari Cleafy mengungkapkan, varian malware terbaru tersebut mampu tidak terdeteksi oleh sebagian besar pemindai AV.

Sebelumnya, BRATA didistribusikan melalui aplikasi di Google Play Store. Pada Juni 2021, penipuan Android teridentifikasi menggunakan teknik phishing SMS atau dikenal juga sebagai smishing.

Baca Juga: Sinopsis Ghostbusters Afterlife, Cerita Lanjutan Dari Seri Ghostbusters Sebelumnya

Sementara pada awal bulan ini, The Sun melaporkan, malware menyamar sebagai aplikasi perbankan, fitness dan scanning dokumen. Aplikasi-aplikasi tersebut mengakses ke lebih dari 300 ribu pengguna Android, dikutip Selasa 7 Desember 2021.

Menurut McAfee, pelaku dapat mengambil alih ponsel korban, seperti menyembunyikan dan menampilkan panggilan masuk dengan menyetel volume dering ke nol, serta mematikan layar.

Halaman:

Editor: Ibrahim Umar

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Berani Selfie dengan Sensor Kamera Berisi

Kamis, 12 Mei 2022 | 10:41 WIB

6 Tips Perpanjang Umur Baterai Poco M3 Pro 5G

Selasa, 15 Februari 2022 | 10:05 WIB
X