• Senin, 4 Juli 2022

Ancaman Bluenoroff Menguras Akun Startup Cryptocurrency, Ini Kata Pakar Kaspersky

- Kamis, 20 Januari 2022 | 07:03 WIB
Ilustrasi trading kripto (Pixabay/sergeitokmakov)
Ilustrasi trading kripto (Pixabay/sergeitokmakov)

POJOKMALIOBORO.com - Pakar Kaspersky telah menemukan adanya serangkaian serangan oleh aktor ancaman persisten tingkat lanjut (APT) BlueNoroff terhadap perusahaan kecil dan menengah di seluruh dunia, yang mengakibatkan kerugian Cryptocurrency besar bagi para korban.

Kampanye tersebut dijuluki sebagai SnatchCrypto, ditujukan untuk berbagai perusahaan yang berkecimpung dalam industri cryptocurrency dan kontrak pintar, DeFi, Blockchain, dan industri FinTech.

Dalam kampanye terbaru BlueNoroff, penyerang secara halus memanfaatkan kepercayaan karyawan yang bekerja di perusahaan yang ditargetkan dengan mengirimkan mereka backdoor Windows berfitur lengkap dengan fungsi pengawasan yang berkedok "kontrak" atau file bisnis lainnya.

Baca Juga: Pengaduan Layanan Kelistrikan Melalui PLN Mobile, Begini Caranya

Untuk meraup dompet kripto korban, penyerang telah mengembangkan sumber daya yang luas dan berbahaya seperti infrastruktur kompleks, eksploitasi, implan malware.

BlueNoroff merupakan bagian dari grup Lazarus yang lebih besar, dan menggunakan struktur lebih beragam hingga teknologi serangan yang canggih.

Grup APT Lazarus dikenal karena serangan terhadap bank dan server yang terhubung ke SWIFT, dan bahkan terlibat dalam pembuatan perusahaan palsu untuk pengembangan perangkat lunak Cryptocurrency.

Baca Juga: Pemerintah Mulai Berlakukan Kebijakan Minyak Goreng Rp 14.000 Per Liter

Klien yang tertipu kemudian menginstal aplikasi yang tampak sah dan, setelah beberapa saat mereka menerima pembaruan backdoor.

Sekarang, cabang Lazarus ini telah beralih ke penyerangan terhadap startup Cryptocurrency. Karena sebagian besar bisnis Cryptocurrency adalah perusahaan rintisan kecil atau menengah, mereka tidak dapat menginvestasikan banyak biaya ke dalam sistem keamanan internal mereka.

Halaman:

Editor: Putri Susanti

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Berani Selfie dengan Sensor Kamera Berisi

Kamis, 12 Mei 2022 | 10:41 WIB

6 Tips Perpanjang Umur Baterai Poco M3 Pro 5G

Selasa, 15 Februari 2022 | 10:05 WIB
X