Kenali Flat Spot dan Cara Mengantisipasinya, Salah Satunya Cek Tekanan Angin Berkala

- Selasa, 25 Oktober 2022 | 08:04 WIB
Kenali Flat Spot dan Cara Mengantisipasinya, Salah Satunya Cek Tekanan Angin Berkala (dok.Hankook/PojokMalioboro.com)
Kenali Flat Spot dan Cara Mengantisipasinya, Salah Satunya Cek Tekanan Angin Berkala (dok.Hankook/PojokMalioboro.com)

POJOKMALIOBORO.com - Kendaraan yang sudah lama tidak digunakan perlu dicek dengan teliti jika ingin digunakan kembali. Kaki-kaki kendaraan, cakram, maupun kampas rem juga tidak boleh luput dari pengecekan.

Cakram akan lebih mudah berkarat pada kendaraan yang sudah lama tidak digunakan, sedangkan kampas rem pada ban belakang akan menjadi lengket karena terlalu lama berada pada posisi mencengkram.

Jika dibiarkan, karat tersebut dapat menimbulkan decitan saat melakukan pengereman, dan kampas rem yang lengket membuat laju kendaraan jadi tersendat.

Baca Juga: Omicron Subvarian XBB Terdeteksi di Indonesia, Kemenkes Minta Masyarakat Waspada dan Perkuat Prokes

Kendaraan yang lama tidak digunakan juga berdampak pada kondisi ban, yang rentan mengalami flat spot. Flat spot adalah kondisi dimana tapak ban mengalami kerusakan atau keausan yang disebabkan oleh tekanan secara terus menerus pada bagian ban yang sama.

Kondisi ban yang dingin karena cuaca dan kondisi ruang penyimpanan yang lembab juga menjadi penyebab tekanan udara pada ban akan lebih cepat berkurang.

"Secara fisik ban yang mengalami flat spot susah untuk diketahui (karena bagian yang mengalami flat spot berada pada bagian yang berkontak langsung dengan jalanan). Saat mengemudi, Anda bisa merasakan getaran, handling yang tidak nyaman, hingga dentuman halus," ujar National Sales Manager Passenger Car Radial (PCR) PT Hankook Tire Sales Indonesia, Apriyanto Yuwono.

Baca Juga: Kini PLN Mobile Dilengkapi dengan Catat Meter Mandiri, Ini Cara Membacanya

Kenali Jenis Flat Spot yang Terjadi

Terdapat dua jenis flat spot yaitu permanen dan sementara, dengan mengenali jenis flat spot ini kita bisa mengetahui bagaimana cara untuk mengatasinya.

Halaman:

Editor: Putri Susanti

Tags

Artikel Terkait

Terkini

4 Fakta Tentang Cairan Pendingin di Sepeda Motor

Senin, 16 Januari 2023 | 10:56 WIB

Resmi Diluncurkan, Ini Spesifikasi dan Harga Oppo A17

Jumat, 21 Oktober 2022 | 10:13 WIB
X